RENUNGAN HARIAN | Sejarah Memper-HATI-kan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

(Jumat Lagi, 19/06/2020) – Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus, Matius 11:25 – 30

Hati Kudus Yesus! Paroki Pugeran yang berdiri sejak 8 Juli 1934 berlindung pada Hati Kudus Tuhan Yesus. Di depan gereja berdiri patung Yesus yang gagah dengan kedua tangan terentang memberkati dan hatinya bercahaya. Sebelum masuk gereja, umat biasanya berhenti sebentar di bawahnya untuk berdoa. Saat ini patung sedang dicat dan dicouting, dengan jubah bermotif batik.

Patung Yesus di depan Gereja HKTY Pugeran yang sedang dalam proses pengecatan

Bentuk-bentuk kebaktian kepada Hati Kudus Yesus yang selalu terjadi di Paroki Pugeran yaitu Jam Kudus berupa Misa dan Adorasi pada Kamis malam menjelang Jumat Pertama. Adorasi dilaksanakan semalam suntuk. Tujuannya untuk mempersatukan diri dengan Yesus yang menderita sendirian di Taman Getsemani.

Pada Jumpat pagi diadakan Misa dilanjutkan Adorasi sehari penuh, dan sore ditutup dengan Misa. Gereja juga telah mempunyai Kapel Adorasi Pugeran (KASIRAN). Kolekte diperuntukkan bagi amal kasih.

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Mat 11:28).

Yesus sangat peduli kepada umat-Nya. Ia senantiasa memberi kelegaan. Merayakan Hari Raya Hati Kudus Tuhan Yesus sesungguhnya berarti mensyukuri dan merenungkan sejarah Allah memperhatikan kita dengan kasih-Nya yang tidak mengenal perhinggaan.

Semoga Hari Raya ini semakin mengobarkan kita untuk membalas kasih Yesus dengan cinta bakti yang berkobar-kobar dan memberdayakan kita untuk berbagi kasih pada sesama dan alam semesta.

Ya Tuhan Yesus, bantulah kami agar segera terbebas dari wabah virus corona. Hati Yesus Yang Mahakudus, kasihanilah kami.

(abakaeb, Rm. Paulus Supriya, Pr. – Pugeran Yogyakarta)

TERBARU
serah-terima-berkas-rm-priya-rm-kendar

Merangkai Bunga Rampai

Analogi Bunga Rampai Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bunga Rampai dapat diartikan sebagai beberapa jenis bunga harum yang dicampur atau kumpulan karangan atau cerita pilihan.

Lebih Lanjut »

Leave a Reply