RENUNGAN HARIAN | Hati Tersuci

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

(Sabtu Pahing, 20/6/2020 – Pw Hati Tersuci SP Maria, Luk 2:41 – 51

Kata-kata kasar! Suatu ketika ibu menegur saya, ”Kowe karo Eyang Putri kok kasar. Dosa kuwi.” Saya hanya diam dan menyimpannya dalam hati. Usut sana usut sini, ternyata Eyang baru saja cerita pada ibu bahwa saya telah berkata kasar kepadanya. Tapi Eyang berpesan, ”Ora tak dadekake ati kok. Ora usah ditegur, mundhak mengko malah bocahe wedi lan ora ngancani aku turu.” Saya merupakan cucu kesayangannya.

Waku itu saya kelas 2 SD, sepulang dari sekolah perut lapar, pukul 10.00, langsung saya tanya pada Eyang, ”Mbah, segone endi?” “Lho. Sing mau esuk wis entek to, sakiki Simbah lagi masak meneh,” jawabnya. Balik saya jawab, ”Panganane diuntal dhewe.” Mendengar itu, Simbah hanya diam menatap saya dengan raut wajah terkejut. Ia hanya menyimpannya dalam hati, dan setelah itu mungkin ia hanya meneteskan air mata. Dalam perjalan umur, saya sangat menyesali perilaku itu.

“Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.” (Luk 2: 51)

Hari ini Gereja merayakan Pesta Hati Tersuci Santa Perawan Maria. Pesta ini mau menegaskan cinta murninya pada Allah, cinta keibuannya pada putranya dan pada semua orang.

Semua kebahagiaan, kesedihan, lukanya disimpan dalam hati, diterima dan dijalani dengan tabah. Sering digambarkan hati Ibu Maria ditusuk dengan 7 pedang duka. Tujuh dukanya yaitu nubuat Simeon, mengungsi ke Mesir, Yesus hilang di bait Allah, berjumpa dengan Yesus di jalan ke Golgota, Yesus wafat di Salib, Lambung Yesus ditikam, Jenazah Yesus dimakamkan.

Sebagai wujud bakti kepada Tuhan, semoga kita mencintai sesama dan alam semesta senantiasa dengan hati yang suci dan penuh kasih sayang. Bunda Maria yang berhati suci, doakanlah kami, lebih-lebih agar kami segera terbebaskan dari pandemi virus corona.

(abakaeb, Rm. Paulus Supriya, Pr. – Pugeran Yogyakarta)

TERBARU
peserta-menerima-vaksin

Teman Seperjalanan

Kamis, 21 Oktober 2021 pukul 08.00 WIB, Paroki HKTY Pugeran kembali mengadakan acara vaksinasi untuk dosis yang ke-2. Mulai pukul 07.00 WIB para peserta vaksin

Lebih Lanjut »