RENUNGAN HARIAN | Doakanlah Kami

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

(Senin Pon, 1/6/2020) – Pw SP Maria Bunda Gereja, Kis 1:12-14

Traktir! Suatu ketika saya mendapat jatah mentraktir makan siang keluarga.

Saat pesan makanan, saya bertanya pada ibu, ”Ibu ngersakaken dhahar punapa (Ibu ingin menu apa?)” Jawabannya mengejutkan saya, ”Saya karedok untuk bersama-sama, tempe, dan teh manis hangat.” Saya dan semua yang hadir hanya melongo. Batin saya, ”Mengapa tidak ayam atau ikan, soup buntut, es buah, dan lain-lain?”

Ternyata seorang ibu akan memilih makanan paling murah di daftar menu kalau saya yang mentraktir. Jadi saya teringat banyak hal tentang ibu. Ibu suka baju yang saya pakai tahun lalu dan masih cukup, sepatu bersih, tempat tidur rapi. Ibu tidak perlu mengikuti mode, ia memiliki gaya sendiri. Ibu tekun memasak untuk keluarga. Ibu ikut sedih, bila saya sedih. Itulah beberapa hal yang mempesona pada seorang ibu.

“Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.” (Kis1:14)

Dua tahun ini, pada hari Senin setelah Pentekosta, Gereja merayakan Pesta Wajib Santa Perawan Maria Bunda Gereja. Gereja mau merayakan rahmat Allah yang melimpah pada Maria, sehingga Bunda Maria mampu terlibat dalam karya penyelamatan Allah.

Dari menerima kabar gembira, mengalami suka dan duka putranya, sampai menemani Gereja perdana, Maria dengan setia menyertai putranya dan murid-murid-Nya. Ia menenami Gereja dari perdana samai sekarang. Ia layak mendapat gelar Bunda Gereja. Melalui pesta ini, kita bisa meneladan rasa keibuan Bunda Maria.

Ibu Maria, Bunda Gereja yang berbelas kasih, harapan kami, kami amat susah dalam lembah duka pandemi Covid-19 ini. Limpahkanlah kasih sayangmu yang besar kepada kami. Dan mohonkanlah kepada Yesus Putramu yang terpuji itu, berkenan mengakhiri wabah ini, agar kami selamat senantiasa. (bdk. Ibadat Penutup, P. Fransiscus, OCSO. Hal 38).

Semoga kami juga setia meneladanmu untuk selalu ikut ambil bagian dalam hidup dan perjuangan Gereja Putra-Mu. Santa Maria, Bunda Gereja, doakanlah kami.

(Abakaeb, Rm. Paulus Supriya, Pr. – Pugeran Yogyakarta)

TERBARU

Jadwal Ekaristi Natal 2023

Saudara Saudari terkasih dalam Kristus berikut Ini kami sampaikan Jadwal Ekaristi Perayaan Natal 2023 Perayaan Ekaristi terbuka untuk umat Paroki Pugeran ataupun luar Paroki Pugeran

Lebih Lanjut »