Bakti Sosial OMK Pugeran bagi Mereka yang Terdampak Covid-19

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Ditulis oleh Sefian Wisnu W.

Kegiatan bakti sosial menjadi salah satu cara mewujudkan bentuk kepedulian terhadap permasalahan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan bakti sosial datang dari empati seseorang yang tergerak atas dasar kepedulian terhadap kesulitan yang dihadapi oleh orang lain, maupun lingkungan sekitar. Salah satu bentuk bakti sosial yang banyak dijumpai di tengah-tengah masyarakat adalah kegiatan berbagi sembako.

Pada hari Jumat, 04 Juni 2020, 16 orang relawan dari OMK (Orang Muda Katolik) Pugeran melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan sembako untuk masyarakat yang sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat dampak penyebaran COVID-19 di Indonesia, khususnya dampak yang terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sembako yang dibagikan merupakan hasil donasi yang diterima OMK Pugeran dari para anggota OMK Pugeran atau donatur yang telah memberikan bantuan dalam bentuk uang maupun bahan makanan (sembako).

Rangkaian kegiatan bakti sosial ini diawali dengan briefing (pengarahan) yang bertempat di Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Pugeran, pukul 15.30 WIB. Berdasarkan hasil briefing tersebut, kegiatan berbagi sembako dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda, dan jumlah personel dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yang berisi delapan relawan melaksanakan kegiatan berbagi sembako di sekitaran Jalan Giwangan, dan kelompok kedua yang juga berisi delapan orang membagikan bantuan sembako di sekitaran Jalan Magelang. Sembako yang dibagikan tersebut ditujukan bagi pekerja jalanan seperti tukang becak, petugas kebersihan jalanan atau masyarakat yang benar-benar dalam keadaan sangat membutuhkan. Masyarakat yang sedang kesulitan ekonomi akibat dampak COVID-19 diharapkan dapat sedikit terbantu dengan bantuan sembako yang dibagikan oleh relawan OMK Pugeran untuk mencukupi kebutuhan pangan selama masa sulit ini.

Salah satu anggota OMK membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu (dok: Timja PIOM)

Kegiatan bakti sosial ini berakhir pukul 17.30 WIB. Seluruh relawan OMK Pugeran kembali berkumpul di Gereja Pugeran dan melakukan sharing, perencanaan agenda OMK selanjutnya, serta makan snack bersama sebagai ungkapan syukur atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh OMK Pugeran tahun ini. Aloysius Pandu selaku ketua OMK Pugeran berharap agar kegiatan bakti sosial semacam ini dapat dilangsungkan di tahun-tahun berikutnya.

TERBARU

Leave a Reply

14 − six =